PERKEMBANGAN
LAHIR HINGGA 3 BULAN
Aktivitas Motorik
Letakkan
anak dalam posisi tengkurap untuk membantu perkembangan otot leher dan punggung
yang diperlukan untuk mengangkat kepala
Kontak
visual
Bayi
mulai memperlihatkan kontak visual sekitar umur 1,5 bulan. Kemudian ia belajar
melihat dengan memperhatikan obyek yang bergerak, terutama wajah anda atau
obyek yang terang, yang digerakkan perlahan-lahan dari satu sisi ke sisi
lainnya. Jarak antara mata anak dengan obyek sekitar 40 cm
Bantulah
anak memperhatikan lingkungan sekitarnya
Komunikasi
Bantulah
perkembangan pendengaran anak dengan berbicara sebanyak mungkin. Bicaralah
selama memberi makan, mengganti popok, menggelitik anak dan bermain
Bantulah
anak mengenal berbagai suara misalnya kerincingan, mainan yang berbunyi bila
dipijat, atau musik
Tirulah
suara anak, misalnya suara 'ooo-ooo' atau 'mmm-mmm'.
Kemampuan
interpersonal dan sosial
Bayi
berkomunikasi dengan menangis, mengeluarkan suara 'ooo-ooo' atau 'mmm-mmm'. Ia
mencoba memberitahu bila ia merasa lapar, sakit perut atau popoknya basah.
Biasanya ibu akan mengenal kebutuhan anak secara alamiah
Ia
menginginkan untuk dibelai. Sebaiknya ia sering dibelai sambil berbicara dengan
suara yang halus
Senyumlah
kepada bayi sesering mungkin untuk mengajarnya tersenyum
Tidurlah
dengan anak anda
PERKEMBANGAN
3 SAMPAI 6 BULAN
Aktivitas
motorik
Bayi
lebih memperhatikan lingkungannya. Pada saat tengkurap, ia akan berusaha
mengangkat kepala dan dadanya
Tengkurap
sendiri kemudian membalik lagi ke posisi terlentang dimulai pada umur ini
Pada
umur 6 bulan ia boleh didudukkan di sofa sambil diberi penyangga di belakangnya
Ia
boleh mencoba berdiri pada kedua tungkainya. Peganglah anak pada ketiak, turunkan
perlahan-lahan sampai telapak menyentuh lantai atau meja. Biasanya ia merasa
senang dan menaik-turunkan badannya
Latihlah
ia untuk menggapai suatu benda dengan meperlihatkan benda tersebut di luar
jangkauannya
Latihlah
kedua tangannya. Biarkan ia memegang biskuit dan mainan, kemudian memindahkan
dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Biarlah ia mencoba makan biskuit sendiri
Komunikasi
Bicaralah
sesering mungkin dengan anak. Ulangi kata-kata tertentu dan usahakan agar ia
mau meniru bunyi atau kata (Jangan bingung kalau anak belum mengeluarkan kata
yang jelas.Umur ini ia belum dapat melakukannya. Yang penting adalah usaha
meniru)
Bunyikan
suara di luar jangkauan pandangan anak. Apakah ia menoleh ke arah sumber suara?
Kemampuan
interpersonal dan sosial
Berikan
respons bila anak menangis, jangan didiamkan saja. Bujuklah anak bila rewel
Anak
perlu ditimang dan dibelai
Bila
ia tersenyum pada anda, tersenyumlah kembali
Mengusap
punggung, lengan atau tungkai dapat membantunya bersantai
Cobalah
bermain 'Ciluk-ba' dengan anak
Anak
menikmati saat mandi. Biarkan ia bermain dengan air. Periksa suhu air sebelum
memasukkan anak. Jangan tinggalkan anak sendiri di dalam air
PERKEMBANGAN
6 SAMPAI 9 BULAN
Aktivitas
motorik
Bantulah
anak untuk duduk dan mencoba berdiri pada kedua kakinya
Peganglah
anak pada ketiak dan biarkan ia menaik-turunkan badannya
Bantulah
anak untuk merayap atau merangkak dengan memberikan mainan di luar jangkauannya
Latihlah
anak untuk memegang biskuit dan makan biskuit sendiri
Berikan
mainan pada saat mandi. Jangan tinggalkan ia sendiri dalam bak mandi
Latihlah
anak untuk menjatuhkan obyek yang dipegangnya ke dalam botol bekas tempat selai
atau suatu kotak kecil. Jangan biarkan anak bermain dengan benda kecil
sendirian!
Komunikasi
Seringlah
bicara dengan anak. Cobalah anak untuk berlatih menirukan suara yang anda ke
luarkan. Berikan suara di luar jangkauan penglihatannya dan latihlah ia untuk
mencari sumber suara
Perlihatkan
gambar-gambar yang cerah dan sebutkan nama gambar tersebut
Kemampuan
interpersonal dan sosial
Anak
perlu ditimang dan dibelai. Seringlah tersenyum kepadanya. Berikan respons dan
cobalah bujuk bila anak menangis atau rewel
Teruskan
bermain ciluk-ba
PERKEMBANGAN
9 SAMPAI 12 BULAN
Aktivitas
motorik
Bantulah
anak untuk berjalan dengan bantuan. Jangan paksa anak berjalan sendiri
Biarkan
ia merangkak bila ia menyukainya
Pada
saat sedang berjalan dituntun, kadang-kadang ia berhenti untuk mencoba
mengambil mainan dilantai
Ajarkan
anak menumpuk kubus beberapa buah. Kubus yang baik berukuran sekitar 3X3X3 cm
Ia
senang melihat-lihat laci berisi mainan. Isi suatu laci yag rendah dengan
mainan atau benda yang aman, misalnya kotak plastik, peralatan masak dari kayu
yang tidak tajam. Letakkan benda-benda berbahaya di laci yang tidak dapat
dijangkaunya atau di tempat yang dapat dikunci
Komunikasi
Bicaralah
sesering mungkin. Perlihatkan gambar-gambar di buku dan sebutkan namanya
Latihlah
anak berbicara. Dapat dilakukan dengan seolah-olah berbicara kepada boneka
Anak
biasanya menyukai musik. Biarkan ia mendengar musik yang bagus dari kaset
Kemampuan
interpersonal dan sosial
Belai
dan gelitik anak setiap bemain. Seringlah tersenyum dan bicaralah dengan nada
yang manis. Teruskan bermain 'ciluk-ba'
Anak
dapat duduk bersama keluarga pada saat makan. Ajarlah anak untuk memegang gelas
dan minum dari gelas. Gunakan gelas plastik kecil dengan sedikit minuman
Kuestioner
perkembangan untuk anak berumur 9 bulan
Apakah
ia menoleh bila anda mengeluarkan suara lembut dari belakang?
Apakah
ia mencoba untuk meraih benda di luar jangkauannya dengan menjulurkan tangan
dan badannya?
Bila
anda bersembunyi, lalu memperlihatkan diri lagi berulangkali, apakah ia
memperhatikan dan menanti kemunculan anda dengan penuh harapan?
Apakah
sulit untuk menarik pinsil yang digenggamnya dengan kuat?
Apakah
ia dapat berdiri selama 30 detik atau lebih sambil berpegangan pada kursi atau
meja?
Apakah
ia dapat mengeluarkan suara "ma-ma" atau "da-da" atau
"pa-pa"?
Dapatkah
ia menarik badannya ke posisi berdiri tanpa bantuan anda?
Apakah
ia dapat membedakan anda dari orang yang asing baginya? Hal ini tampak dengan
sikap malu atau tidak mau dekat dengan orang yang asing baginya
Apakah
ia dapat memegang benda kecil misalnya kacang dengan menjepit antara ibu jari
dan telunjuk? (bukan dengan seluruh telapak tangan)
Apakah
ia dapat duduk sendiri dari posisi tidur tanpa bantuan?
Kuestioner
perkembangan untuk anak berumur 12 bulan
Bila
anda bersembunyi, lalu memperlihatkan diri lagi berulangkali, apakah ia
memperhatikan dan menanti kemunculan anda dengan penuh harapan?
Apakah
sulit untuk menarik pinsil yang digenggamnya dengan kuat?
Apakah
ia dapat berdiri selama 30 detik atau lebih sambil berpegangan pada kursi atau
meja?
Apakah
ia dapat mengeluarkan suara "ma-ma" atau "da-da" atau
"pa-pa"?
Dapatkah
ia menarik badannya ke posisi berdiri tanpa bantuan anda?
Apakah
ia dapat membedakan anda dari orang yang asing baginya? Hal ini tampak dengan
sikap malu atau tidak mau dekat dengan orang yang asing baginya
Apakah
ia dapat memegang benda kecil misalnya kacang dengan menjepit antara ibu jari
dan telunjuk? (bukan dengan seluruh telapak tangan)
Apakah
ia dapat duduk sendiri dari posisi tidur tanpa bantuan?
Apakah
ia mecoba meniru 2 sampai 3 kata yang anda ucapkan padanya? Suara tiruan tidak
harus persis sama, yang penting adalah ia berusaha meniru suara
Apakah
ia dapat membenturkan 2 kubus kecil yang dipegang dengan tangan kanan dan kiri?
Benda yang besar tidak dihitung
PERKEMBANGAN
12 SAMPAI 18 BULAN
Aktivitas
motorik
Bantulah
anak belajar meloncat dengan berpegangan pada tangan anda
Ia
senang menari dan bertepuk tangan mengikuti musik
Ia
senang menyusun dan menumpuk, misalnya kubus kecil atau gelas plastik
Berikan
'puzzle' dengan potongan yang cukup besar. Latihlah anak untuk menyusun
'puzzle' tersebut
Komunikasi
Ia
sudah mulai dapat menonton TV dan ia mendapat pelajaran berbicara dari TV
Ia
dapat mengikuti instruksi sederhana, misalnya mengambilkan sesuatu atau
meletakkan mainannya di suatu tempat
Selain
menyebutkan nama gambar dan menceritakan suatu cerita, kadang-kadang tanyakan
kepada anak mengenai apa yang dilihatnya
Kemampuan
interpersonal dan sosial
Tetaplah
membelai, tersenyum dan berbicara pada anak. Banyaklah bermain bersamanya.
Bujuk dan berikan perhatian bila rewel
Latihlah
untuk makan dengan sendok dan garpu. Biarkan ia ikut duduk di meja makan
bersama keluarga
Latihlah
ia untuk mengancingkan baju, memasang sepatu yang menggunakan velcro atau
kancing jepret
Biarkan
ia bermain dengan anak lain
Kuestioner
perkembangan untuk anak berumur 19 bulan
Apakah
ia mengatakan "pa-pa" bila memanggil atau melihat ayahnya, atau
"ma-ma" bila memanggil atau melihat ibunya?
Dapatkah
ia berdiri tanpa berpegangan selama kira-kira 15 detik?
Dapatkah
ia berdiri tanpa berpegangan selama kira-kira 30 detik?
Dapatkah
ia membungkuk untuk memungut mainan, kemudian berdiri kembali tanpa berpegangan
atau menyentuh lantai?
Dapatkah
ia menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa merengek atau menangis?
Dapatkah
ia berjalan sekeliling ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
Jika
ia mengambil benda kecil sebesar kacang, apakah ia menggunakan ujung ibu jari
dan ujung telunjuk?
Jika
anda menggelindingkan bola ke arahnya, apakah ia menggelindingkan atau
melemparkan bola tersebut kembali kepada anda?
Dapatkah
ia memegang cangkir atau gelas dan minum sendiri tanpa tumpah?
Jika
anda sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, apakah ia mencoba meniru apa
yang anda kerjakan?
Kuestioner
perkembangan untuk anak berumur 22 bulan
Dapatkah
ia berjalan sekeliling ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
Jika
ia mengambil benda kecil sebesar kacang, apakah ia menggunakan ujung ibu jari
dan ujung telunjuk?
Jika
anda menggelindingkan bola ke arahnya, apakah ia menggelindingkan atau
melemparkan bola tersebut kembali kepada anda?
Dapatkah
ia memegang cangkir atau gelas dan minum sendiri tanpa tumpah?
Jika
anda sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, apakah ia mencoba meniru apa
yang anda kerjakan?
Apakah
ia dapat menyusun 2 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di
atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak
dihitung?
Dapatkah
ia mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain
"pa-pa" dan "ma-ma"?
Dapatkah
ia berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? Anda
mungkin melihat hal ini pada saat anak menarik mainannya
Dapatkah
ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi
tidak dihitung
PERKEMBANGAN
2 SAMPAI 3 TAHUN
Aktivitas
motorik
Saat
ini anak belajar berlari, melompat, mengatur keseimbangannya, bermain bola dan
memanjat
Bantulah
anak untuk menyusun benda-benda menurut ukuran, bentuk atau warna tertentu
Ia
mulai belajar berhitung
Ajarlah
ia bermain dengan balok-balok kayu atau puzzle
Ajarkan
ia menggambar bentuk misalnya lingkaran, persegi empat atau garis
Ia
mulai dapat berpakaian tanpa dibantu
Ia
senang meniru memakai pakaian orang dewasa
Komunikasi
Perlihatkan
buku bergambar, kemudian tanyakan pendapatnya tentang apa yang dilihatnya.
Biarkan ia berfantasi dan berimajinasi dengan membuat cerita sendiri
Mintalah
ia untuk menerangkan apa yang dilihat dan didengarnya waktu berada di luar
rumah
Ajarkan
ia mengetahui namanya, nama orang tuanya, dan kakaknya
Beritahu
nama-nama pakaian waktu berpakaian
Kemampuan
interpersonal dan sosial
Seringlah
mengajaknya bermain, bercakap-cakap dan bersenda gurau. Jangan dimarahi, tetapi
bujuklah dengan halus bila ia 'nakal'
Ajaklah
ia bepergian, misalnya ke kebun binatang, taman dan tempat rekreasi
Kuestioner
untuk perkembangan anak berumur 25 bulan
Jika
anda sedang mengerjakan pekerjaan sehari-hari di rumah, apakah ia mencoba untuk
menirunya?
Apakah
ia dapat menyusun 2 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di
atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak
dihitung?
Dapatkah
ia mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain
"pa-pa" dan "ma-ma"?
Dapatkah
ia berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? Anda
mungkin melihat hal ini pada saat anak menarik mainannya
Dapatkah
ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi
tidak dihitung
Dapatkah
ia berjalan naik tangga sendiri. Jawab YA bila ia dapat naik tangga dengan
posisi tegak, dengan berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK
bila ia merangkak pada saat naik tangga, anda tidak memperbolehkannya naik
tangga, atau ia harus berpegangan pada seseorang
Dapatkah
ia menunjuk ke salah satu bagian badannya (rambut, mata, mulut) bila diminta
dengan perkataan? Jawab YA bila ia menunjuk dengan benar tanpa petunjuk atau
bantuan
Dapatkah
ia makan dengan sendok tanpa banyak tumpah?
Dapatkah
ia membantu memungut mainannya sendiri atau mengangkat piring jika diminta?
Dapatkah
ia menendang bola kecil seperti bola tenis ke depan, tanpa berpegangan?
Mendorong bola tidak dinilai
Perkembangan
untuk anak berumur 27 bulan
Dapatkah
ia mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain
"pa-pa" dan "ma-ma"?
Dapatkah
ia berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? Anda
mungkin melihat hal ini pada saat anak menarik mainannya
Dapatkah
ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi
tidak dihitung
Dapatkah
ia berjalan naik tangga sendiri. Jawab YA bila ia dapat naik tangga dengan
posisi tegak, dengan berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK
bila ia merangkak pada saat naik tangga, anda tidak memperbolehkannya naik
tangga, atau ia harus berpegangan pada seseorang
Dapatkah
ia menunjuk ke salah satu bagian badannya rambut, mata, mulut) bila diminta
dengan perkataan? Jawab YA bila ia menunjuk dengan benar tanpa petunjuk atau
bantuan
Dapatkah
ia makan dengan sendok tanpa banyak tumpah?
Dapatkah
ia membantu memungut mainannya sendiri atau mengangkat piring jika diminta?
Dapatkah
ia menendang bola kecil seperti bola tenis ke depan, tanpa berpegangan?
Mendorong bola tidak dinilai
Berikan
pinsil dan kertas kepada anak. Lihat apakah ia dapat mencoret pada kertas.
Jawab TIDAK bila ia membanting pinsil. Jawab YA bila ia membuat coretan di
kertas
Apakah
ia dapat menyusun 4 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di
atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak
dihitung
Perkembangan
untuk anak berumur 30 bulan
Dapatkah
ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi
tidak dihitung
Dapatkah
ia berjalan naik tangga sendiri. Jawab YA bila ia dapat naik tangga dengan
posisi tegak, dengan berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK
bila ia merangkak pada saat naik tangga, anda tidak memperbolehkannya naik
tangga, atau ia harus berpegangan pada seseorang
Dapatkah
ia menunjuk ke salah satu bagian badannya (rambut, mata, mulut) bila diminta
dengan perkataan? Jawab YA bila ia menunjuk dengan benar tanpa petunjuk atau
bantuan
Dapatkah
ia makan dengan sendok tanpa banyak tumpah?
Dapatkah
ia membantu memungut mainannya sendiri atau mengangkat piring jika diminta?
Dapatkah
ia menendang bola kecil seperti bola tenis ke depan, tanpa berpegangan?
Mendorong bola tidak dinilai
Berikan
pinsil dan kertas kepada anak. Lihat apakah ia dapat mencoret pada kertas.
Jawab TIDAK bila ia membanting pinsil. Jawab YA bila ia membuat coretan di
kertas
Apakah
ia dapat menyusun 4 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di
atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak
dihitung
Apakah
ia dapat mengucapkan kalimat pendek terdiri dari 2 kata misalnya: "Mau
minum", "Adi lapar".
PERKEMBANGAN
3 SAMPAI 4 TAHUN
Aktivitas
motorik
Ia
sangat menyukai memanjat, berlari, melompat-lompat dan bermain bola
Ajarkan
cara mengendarai sepeda roda tiga
Ia
senang menggambar. Ajarkan cara menggambar lingkaran, kotak, dan garis. Gunakan
crayon untuk mengajarkan warna-warna
Ia
dapat belajar alfabet dan angka. Ajarkan ia menghitung sederhana
Komunikasi
Bacakan
buku cerita dan kadang-kadang tanyakan tentang alfabet
Ajarkan
untuk mengetahui 'kemarin, besok, nanti, sekarang'
Jawablah
pertanyaannya bila ia menanyakan tentang arti suatu kata
Ia
mulai belajar hal yang berlawanan. Diskusikan mengenai istilah 'panjang-pendek,
tinggi-pendek, muda-tua'
Kemampuan
interpersonal dan sosial
Tetaplah
bermain dan membelai anak
Ia
dapat membantu tugas rumah tangga sederhana, misalnya membereskan mainan
setelah selesai bermain
Ajarkan
untuk melepaskan kancing baju
Ia
mulai belajar makan dengan sendok dan garpu
Ia
dapat mencuci tangan, kaki dan wajahnya dengan sabun
Pujilah
anak bila ia menemukan suatu permainan baru, dapat bermain dengan anak lain,
atau dapat membantu pekerjaan rumah tangga
Kuesioner
perkembangan untuk anak berumur 36 bulan
dengan
kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu? Berikan
pinsil dan kertas kepada anak. Lihat apakah ia dapat mencoret pada kertas.
Jawab TIDAK bila ia membanting pinsil. Jawab YA bila ia membuat coretan di
kertas
Apakah
ia dapat menyusun 4 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di
atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak
dihitung
Apakah
ia dapat mengucapkan kalimat pendek terdiri dari 2 kata misalnya: "Mau
minum", "Adi lapar"
Apakah
ia dapat menyebutkan nama dari 2 di antara 5 gambar binatang yang
diperlihatkan? Suara binatang tidak dihitung
Apakah
ia dapat melemparkan bola melalui kepalanya? Lemparan dari samping atau dari
bawah tidak termasuk
Apakah
ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan perkataan, bukan dengan
ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
Letakkan sapu tangan di atas meja
Letakkan kertas ini di bawah kursi
Letakkan kertas ini di depan kamu
Letakkan kertas ini di belakang kamu
Apakah
anak dapat menentukan 4 arah dengan benar?
Buat
garis lurus pada kertas sepanjang 2,5 cm. Katakan:"Coba buat gambar
seperti ini". Berikan 3 kali kesempatan
Letakkan
selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat ke atas kertas dengan
kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu?
Apakah
ia dapat mengenakan sepatu sendiri? Anak tidak perlu dapat memasang tali sepatu
Apakah
ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3 meter?
Kuesioner
perkembangan untuk anak berumur 42 bulan
Apakah
ia dapat melemparkan bola melalui kepalanya? Lemparan dari samping atau dari
bawah tidak termasuk
Apakah
ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan perkataan, bukan dengan
ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
Letakkan
kertas ini di bawah kursi
Letakkan
kertas ini di depan kamu
Letakkan
kertas ini di belakang kamu
Apakah
anak dapat menentukan 4 arah dengan benar?
Buat
garis lurus pada kertas sepanjang 2,5 cm. Katakan:"Coba buat gambar
seperti ini". Berikan 3 kali kesempatan
Letakkan
selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat ke atas kertas dengan
kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu?
Apakah
ia dapat mengenakan sepatu sendiri? Anak tidak perlu dapat memasang tali sepatu
Apakah
ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3 meter?
Apakah
ia dapat mencuci dan mengeringkan tangan sendiri setelah selesai makan?
Pertanyaan
ini tidak sesuai dengan anak Indonesia. Jawab dengan YA
Apakah
ia dapat berdiri pada1 kaki selama 2 detik atau lebih?. Berikan 3 kali
kesempatan untuk melakukan hal ini
Letakkan
selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat melewati kertas dengan
kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu?
Kuesioner
perkembangan untuk anak berumur 48 bulan
Apakah
ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3 meter?
Apakah
ia dapat mencuci dan mengeringkan tangan sendiri setelah selesai makan?
Anak
anda mendapat bonus satu jawaban YA. Jawab pertanyaan ini dengan YA
Apakah
ia dapat berdiri pada1 kaki selama 2 detik atau lebih?. Berikan 3 kali
kesempatan untuk melakukan hal ini
Letakkan
selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat melewati kertas dengan
kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu?
Buat
gambar lingkaran, lalu perintahkan: "Buatlah gambar seperti ini".
Jangan katakan bahwa itu adalah gambar lingkaran. Apakah ia dapat menggambar
lingkaran?
Apakah
ia dapat menyusun 8 kubus kecil, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan
susunan kubus tersebut?
Pada
saat bermain petak umpet, atau permainan lain apakah ia menunggu gilirannya dan
mengikuti aturan permainan dengan benar?
Dapatkah
ia mengenakan celana panjang, baju dan kaus kaki tanpa dibantu? (Tidak termasuk
memasang kancing, tali pinggang)
Dapatkah
ia menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu?
PERKEMBANGAN
4 SAMPAI 5 TAHUN
Komunikasi
Anak
anda mulai dapat membaca beberapa kata
Anak
anda dapat belajar untuk menghitung dan mengenali angka
Bimbinglah
anak anda untuk mengenali buku lebih jauh
Anda
dapat mulai mengajari anak untuk bernyanyi
Ingatan
anak anda akan mulai berkembang dengan bantuan dari permainan-permainan
Ajar
anak anda tentang perbedaan musim-musim dengan mengajak bermain diluar
Kemampuan
interpersonal dan sosial
Teruslah
untuk sering memeluk, bercanda, bermain, tersenyum dan berbicara pada anak anda
Berikan
kenyamanan padanya apabila dia tampak gusar
Anak
anda mulai ingin bermain dengan anak lain
Tolong
anak anda untuk menjadi lebih mandiri
Ajar
anak anda untuk berbagi mainan, makanan dan barang-barangkesukaannya dengan
teman main dan anggota keluarga lainnya
Kuesioner
perkembangan
Pertanyaan
berikut dirancang untuk anak umur tertentu
Cobalah
menjawab pertanyaan tersebut
Bila
semua pertanyaan dijawab dengan 'Ya', perkembangan anak anda nomal
Tanyakan
pada dokter anda bila 3 atau lebih jawaban pertanyan berikut adalah 'tidak'
Kuesioner
perkembangan untuk anak berumur 54 bulan
Apakah
ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3 meter?
Apakah
ia dapat mencuci dan mengeringkan tangan sendiri setelah selesai makan?
Anak
anda mendapat bonus satu jawaban YA. Jawab pertanyaan ini dengan YA
Apakah
ia dapat berdiri pada1 kaki selama 2 detik atau lebih?. Berikan 3 kali
kesempatan untuk melakukan hal ini
Letakkan
selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat melewati kertas dengan
kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu?
Buat
gambar lingkaran, lalu perintahkan: "Buatlah gambar seperti ini".
Jangan katakan bahwa itu adalah gambar lingkaran. Apakah ia dapat menggambar
lingkaran?
Apakah
ia dapat menyusun 8 kubus kecil, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan
susunan kubus tersebut?
Pada
saat bermain petak umpet, atau permainan lain apakah ia menunggu gilirannya dan
mengikuti aturan permainan dengan benar?
Dapatkah
ia mengenakan celana panjang, baju dan kaus kaki tanpa dibantu? (Tidak termasuk
memasang kancing, tali pinggang).
Dapatkah
ia menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu?
Kuesioner
perkembangan untuk anak berumur 60 bulan
Apakah
ia dapat menyusun 8 kubus kecil, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan
susunan kubus tersebut?
Pada
saat bermain petak umpet, atau permainan lain apakah ia menunggu gilirannya dan
mengikuti aturan permainan dengan benar?
Dapatkah
ia mengenakan celana panjang, baju dan kaus kaki tanpa dibantu? (Tidak termasuk
memasang kancing, tali pinggang)
Dapatkah
ia menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu?
Tuliskan
jawaban anak terhadap pertanyaan berikut ini. Jangan berikan bantuan untuk
menjawab, kecuali mengulangi pertanyaan
Apa
yang kamu kerjakan kalau lapar?".................
Apa
yang kamu kerjakan kalau mengantuk?"........
Apakah
ia menjawab dengan kata-kata, bukan dengan mimik wajah?
Jawaban
bisa bermacam-macam tergantung kebiasaan anak
Apakah
ia dapat mengancingkan kancing bajunya atau kancing baju boneka?
Apakah
ia dapat berdiri pada satu kaki tanpa berpegangan selama lebih dari 6 detik?
Perlihatkan
2 gambar garis yang tidak sama panjang. Tanyakan: "Tunjukkan garis yang
lebih panjang". Tutup gambar tersebut, buka kembali dan tanyakan kembali.
Apakah ia dapat menunjukkan garis yang lebih panjang sebanyak 3 kali tanpa
membuat kesalahan?
Perlihatkan
gambar 2 garis yang bersilang tegak lurus. Jangan sebutkan nama gambar
tersebut. Katakan saja:"Coba buat gambar seperti ini".
Berikan
3 kali kesempatan untuk menggambarnya. Apakah ia dapat meniru gambar tersebut?
Apakah
ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan perkataan, bukan dengan
ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
Letakkan
sapu tangan di atas meja
Letakkan
kertas ini di bawah kursi
Letakkan
kertas ini di depan kamu
Letakkan
kertas ini di belakang kamu
Apakah
anak dapat menentukan 4 arah dengan benar
Kuesioner
perkembangan untuk anak berumur 66 bulan
Tuliskan
jawaban anak terhadap pertanyaan berikut ini. Jangan berikan bantuan untuk
menjawab, kecuali mengulangi pertanyaan
Apa
yang kamu kerjakan kalau lapar?...................
Apa
yang kamu kerjakan kalau mengantuk?..........
Apakah
ia menjawab dengan kata-kata, bukan dengan mimik wajah? Jawaban bisa
bermacam-macam tergantung kebiasaan anak
Apakah
ia dapat mengancingkan kancing bajunya atau kancing baju boneka?
Apakah
ia dapat berdiri pada satu kaki tanpa berpegangan selama lebih dari 6 detik?
Perlihatkan
2 gambar garis yang tidak sama panjang. Tanyakan: "Tunjukkan garis yang
lebih panjang". Tutup gambar tersebut, buka kembali dan tanyakan kembali.
Apakah ia dapat menunjukkan garis yang lebih panjang sebanyak 3 kali tanpa
membuat kesalahan? Perlihatkan gambar 2 garis yang bersilang tegak lurus.
Jangan sebutkan nama gambar tersebut. Katakan saja:"Coba buat gambar
seperti ini". Berikan 3 kali kesempatan untuk menggambarnya. Apakah ia
dapat meniru gambar tersebut?
Apakah
ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan perkataan, bukan dengan
ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
Letakkan
sapu tangan di atas meja
Letakkan
kertas ini di bawah kursi
Letakkan
kertas ini di depan kamu
Letakkan
kertas ini di belakang kamu
Apakah
anak dapat menentukan 4 arah dengan benar?
Apakah
ia dapat ditinggalkan bersama orang lain tanpa menangis dan menjerit-jerit?
Apakah
ia mengetahui warna biru, merah, kuning dan hijau
Apakah
ia dapat meloncat pada satu kaki sebanyak 2 kali atau lebih?
Apakah
ia dapat berpakaian lengkap tanpa bantuan?
PERKEMBANGAN
5 SAMPAI 6 TAHUN
Ingatlah,
bahwa setiap anak tumbuh dengan tempo yang berbeda. Biarkan anak anda yang
menentukan sendiri.
Aktivitas
Motorik
Pada
umur ini, anak anda sudah siap untuk mengendarai sepeda atau bermain sepatu
roda. Carilah sepeda dan sepatu roda yang didesain khusus untuk anak kecil.
Jangan lupa untuk membeli helm, pelindung lutut dan lengan untuk keamanan anak
anda
Anak
anda dapat mulai membantu anda membuat kue yang tidak terlalu sulit, seperti
membentuk kue dari adonan. Dia juga bisa diajak untuk membersihkan sisa-sisa
pekerjaan
Bimbing
anak anda untuk mengenali nama hari, minggu dan bulan. Bantu mereka untuk
belajar menandai ulang tahun dan hari libur di kalender
Anda
juga dapat mengajari anak anda untuk tentang waktu
Tunjukkan
cara menggunakan penggarisan untuk mengukur benda-benda
Komunikasi
Seringkan
untuk membacakan cerita untuk anak anda dan membahasnya
Anak
anda sudah dapat membaca tanda-tanda sederhana seperti tanda STOP pada jalan
Kemampuan
Interpersonal dan sosial
Teruslah
untuk sering memeluk, bercanda, bermain, tersenyum dan berbicara pada anak
anda. Berikan kenyamanan padanya apabila dia tampak gusar
Puji
anak anda apabila dia melakukan sesuatu yang positif
Anak
anda sudah harus diajarkan untuk mengikuti aturan keluarga
Ajari
anak anda untuk bermain dengan benar. Terangkan bahwa dia tidak akan selalu
menang dalam permainan
PERKEMBANGAN
6 SAMPAI 8 TAHUN
Ingatlah,
bahwa setiap anak tumbuh dengan tempo yang berbeda. Biarkan anak anda yang
menentukan sendiri
Aktivitas
Motorik
Anak
anda mulai tampak aktif bergerak
Keseimbangan
anak anda terus meningkat
Permainan
kejar-mengejar mulai digemari anak anda
Anak
anda sudah dapat menggunakan palu dan membangun rumah-rumahan sederhana
Waktu
bermain digunakan untuk bermain diluar, menggambar dan kerajinan tangan
Anak
anda mulai menikmati untuk membuat permainan baru atau membuat peraturan baru
untuk sebuah permainan
Komunikasi
Anak
anda sudah dapat menggunakan bahasa secara benar dan dapat mengerti struktur
bahasa yang baik
Terus
dorong anak anda untuk membaca buku dan membuat cerita
Membaca,
menulis serta berhitung harus masuk dalam pelajaran sekolah.
Anak
anda sudah dapat mendefinisikan sebuah kata dan sudah dapat membayangkan konsep
dari kata yang abstrak
Anak
anda mulai belajar untuk menyebutkan waktu
Ajari
anak anda untuk mengenali alamat rumah anda
Kemampuan
Interpersonal dan sosial
Pada
umur ini anak anda mulai suka untuk bertindak yang aneh-aneh dan mengganggu
yang lain
Anak
anda mulai menyukai lelucon dan teka-teki
Perhatian
anak anda akan menjadi lebih luas
PERKEMBANGAN
10 SAMPAI 12 TAHUN
Aktivitas
Motorik
Anak
anda akan mulai menunjukkan rasa tertarik pada kemampuan akan olah-raga
tertentu
Anak
anda mulai menyukai berinteraksi dengan teman-teman laki dan wanita
Pakaian
dan penampilan mulai menjadi suatu hal yang penting
Anak
anda mulai menyukai bermalam di rumah teman
Anak
anda mulai menyenangi mengerjakan berbagai hal sendirian
Anak
anda mulai menulis dairy
Mendengarkan
radio dan bermain music mulai disenangi
Anak
anda mulai mencari cara-cara yang lebih kreatif dalam menghabiskan waktu
senggangnya
Komunikasi
Terus
mendorong anak anak untuk membaca buku. Kemampuannya membaca akan terus
meningkat secara gradual
Anak
anda mulai mengerti humor
Anak
anda akan mulai membicarakan perasaannya, tapi mungkin agak tertutup
Kemampuan
Interpersonal dan sosial
Penampilan
menjadi semakin penting. Anak anda akan berpakaian seperti idola remajanya.
Pengaruh dari teman-teman sebaya juga akan mempengaruhi penampilannya
Anak
anda akan mulai mencari privasi dan kesadaran akan dirinya makin tinggi
Anak
anda akan mempunyai idola yang lebih realistik
Perasaan
khawatir dan grogi merupakan hal yang biasa pada anak seumur ini
Anak
anda mulai mengambil bagian dalam diskusi keluarga
Anak
anda akan mudah terpengaruh dengan teman sebayany
Penjelesan diatas diambil dari sumber : www.kaskus.co.id. Yang ditujukan untuk sebatas informasi yang berguna untuk saya sendiri dan juga pembaca.