Bar Upside

Perkembangan Anak Dari Aktivitas Motorik & Kontak Visual

PERKEMBANGAN LAHIR HINGGA 3 BULAN
Aktivitas Motorik
Letakkan anak dalam posisi tengkurap untuk membantu perkembangan otot leher dan punggung yang diperlukan untuk mengangkat kepala

Kontak visual
Bayi mulai memperlihatkan kontak visual sekitar umur 1,5 bulan. Kemudian ia belajar melihat dengan memperhatikan obyek yang bergerak, terutama wajah anda atau obyek yang terang, yang digerakkan perlahan-lahan dari satu sisi ke sisi lainnya. Jarak antara mata anak dengan obyek sekitar 40 cm
Bantulah anak memperhatikan lingkungan sekitarnya


Komunikasi
Bantulah perkembangan pendengaran anak dengan berbicara sebanyak mungkin. Bicaralah selama memberi makan, mengganti popok, menggelitik anak dan bermain
Bantulah anak mengenal berbagai suara misalnya kerincingan, mainan yang berbunyi bila dipijat, atau musik
Tirulah suara anak, misalnya suara 'ooo-ooo' atau 'mmm-mmm'.
Kemampuan interpersonal dan sosial
Bayi berkomunikasi dengan menangis, mengeluarkan suara 'ooo-ooo' atau 'mmm-mmm'. Ia mencoba memberitahu bila ia merasa lapar, sakit perut atau popoknya basah. Biasanya ibu akan mengenal kebutuhan anak secara alamiah
Ia menginginkan untuk dibelai. Sebaiknya ia sering dibelai sambil berbicara dengan suara yang halus
Senyumlah kepada bayi sesering mungkin untuk mengajarnya tersenyum
Tidurlah dengan anak anda


PERKEMBANGAN 3 SAMPAI 6 BULAN
Aktivitas motorik
Bayi lebih memperhatikan lingkungannya. Pada saat tengkurap, ia akan berusaha mengangkat kepala dan dadanya
Tengkurap sendiri kemudian membalik lagi ke posisi terlentang dimulai pada umur ini
Pada umur 6 bulan ia boleh didudukkan di sofa sambil diberi penyangga di belakangnya
Ia boleh mencoba berdiri pada kedua tungkainya. Peganglah anak pada ketiak, turunkan perlahan-lahan sampai telapak menyentuh lantai atau meja. Biasanya ia merasa senang dan menaik-turunkan badannya
Latihlah ia untuk menggapai suatu benda dengan meperlihatkan benda tersebut di luar jangkauannya
Latihlah kedua tangannya. Biarkan ia memegang biskuit dan mainan, kemudian memindahkan dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Biarlah ia mencoba makan biskuit sendiri

Komunikasi
Bicaralah sesering mungkin dengan anak. Ulangi kata-kata tertentu dan usahakan agar ia mau meniru bunyi atau kata (Jangan bingung kalau anak belum mengeluarkan kata yang jelas.Umur ini ia belum dapat melakukannya. Yang penting adalah usaha meniru)
Bunyikan suara di luar jangkauan pandangan anak. Apakah ia menoleh ke arah sumber suara?

Kemampuan interpersonal dan sosial
Berikan respons bila anak menangis, jangan didiamkan saja. Bujuklah anak bila rewel
Anak perlu ditimang dan dibelai
Bila ia tersenyum pada anda, tersenyumlah kembali
Mengusap punggung, lengan atau tungkai dapat membantunya bersantai
Cobalah bermain 'Ciluk-ba' dengan anak
Anak menikmati saat mandi. Biarkan ia bermain dengan air. Periksa suhu air sebelum memasukkan anak. Jangan tinggalkan anak sendiri di dalam air


PERKEMBANGAN 6 SAMPAI 9 BULAN
Aktivitas motorik
Bantulah anak untuk duduk dan mencoba berdiri pada kedua kakinya
Peganglah anak pada ketiak dan biarkan ia menaik-turunkan badannya
Bantulah anak untuk merayap atau merangkak dengan memberikan mainan di luar jangkauannya
Latihlah anak untuk memegang biskuit dan makan biskuit sendiri
Berikan mainan pada saat mandi. Jangan tinggalkan ia sendiri dalam bak mandi
Latihlah anak untuk menjatuhkan obyek yang dipegangnya ke dalam botol bekas tempat selai atau suatu kotak kecil. Jangan biarkan anak bermain dengan benda kecil sendirian!

Komunikasi
Seringlah bicara dengan anak. Cobalah anak untuk berlatih menirukan suara yang anda ke luarkan. Berikan suara di luar jangkauan penglihatannya dan latihlah ia untuk mencari sumber suara
Perlihatkan gambar-gambar yang cerah dan sebutkan nama gambar tersebut

Kemampuan interpersonal dan sosial
Anak perlu ditimang dan dibelai. Seringlah tersenyum kepadanya. Berikan respons dan cobalah bujuk bila anak menangis atau rewel
Teruskan bermain ciluk-ba


PERKEMBANGAN 9 SAMPAI 12 BULAN
Aktivitas motorik
Bantulah anak untuk berjalan dengan bantuan. Jangan paksa anak berjalan sendiri
Biarkan ia merangkak bila ia menyukainya
Pada saat sedang berjalan dituntun, kadang-kadang ia berhenti untuk mencoba mengambil mainan dilantai
Ajarkan anak menumpuk kubus beberapa buah. Kubus yang baik berukuran sekitar 3X3X3 cm
Ia senang melihat-lihat laci berisi mainan. Isi suatu laci yag rendah dengan mainan atau benda yang aman, misalnya kotak plastik, peralatan masak dari kayu yang tidak tajam. Letakkan benda-benda berbahaya di laci yang tidak dapat dijangkaunya atau di tempat yang dapat dikunci

Komunikasi
Bicaralah sesering mungkin. Perlihatkan gambar-gambar di buku dan sebutkan namanya
Latihlah anak berbicara. Dapat dilakukan dengan seolah-olah berbicara kepada boneka
Anak biasanya menyukai musik. Biarkan ia mendengar musik yang bagus dari kaset

Kemampuan interpersonal dan sosial
Belai dan gelitik anak setiap bemain. Seringlah tersenyum dan bicaralah dengan nada yang manis. Teruskan bermain 'ciluk-ba'
Anak dapat duduk bersama keluarga pada saat makan. Ajarlah anak untuk memegang gelas dan minum dari gelas. Gunakan gelas plastik kecil dengan sedikit minuman

Kuestioner perkembangan untuk anak berumur 9 bulan
Apakah ia menoleh bila anda mengeluarkan suara lembut dari belakang?
Apakah ia mencoba untuk meraih benda di luar jangkauannya dengan menjulurkan tangan dan badannya?
Bila anda bersembunyi, lalu memperlihatkan diri lagi berulangkali, apakah ia memperhatikan dan menanti kemunculan anda dengan penuh harapan?
Apakah sulit untuk menarik pinsil yang digenggamnya dengan kuat?
Apakah ia dapat berdiri selama 30 detik atau lebih sambil berpegangan pada kursi atau meja?
Apakah ia dapat mengeluarkan suara "ma-ma" atau "da-da" atau "pa-pa"?
Dapatkah ia menarik badannya ke posisi berdiri tanpa bantuan anda?
Apakah ia dapat membedakan anda dari orang yang asing baginya? Hal ini tampak dengan sikap malu atau tidak mau dekat dengan orang yang asing baginya
Apakah ia dapat memegang benda kecil misalnya kacang dengan menjepit antara ibu jari dan telunjuk? (bukan dengan seluruh telapak tangan)
Apakah ia dapat duduk sendiri dari posisi tidur tanpa bantuan?

Kuestioner perkembangan untuk anak berumur 12 bulan
Bila anda bersembunyi, lalu memperlihatkan diri lagi berulangkali, apakah ia memperhatikan dan menanti kemunculan anda dengan penuh harapan?
Apakah sulit untuk menarik pinsil yang digenggamnya dengan kuat?
Apakah ia dapat berdiri selama 30 detik atau lebih sambil berpegangan pada kursi atau meja?
Apakah ia dapat mengeluarkan suara "ma-ma" atau "da-da" atau "pa-pa"?
Dapatkah ia menarik badannya ke posisi berdiri tanpa bantuan anda?
Apakah ia dapat membedakan anda dari orang yang asing baginya? Hal ini tampak dengan sikap malu atau tidak mau dekat dengan orang yang asing baginya
Apakah ia dapat memegang benda kecil misalnya kacang dengan menjepit antara ibu jari dan telunjuk? (bukan dengan seluruh telapak tangan)
Apakah ia dapat duduk sendiri dari posisi tidur tanpa bantuan?
Apakah ia mecoba meniru 2 sampai 3 kata yang anda ucapkan padanya? Suara tiruan tidak harus persis sama, yang penting adalah ia berusaha meniru suara
Apakah ia dapat membenturkan 2 kubus kecil yang dipegang dengan tangan kanan dan kiri? Benda yang besar tidak dihitung


PERKEMBANGAN 12 SAMPAI 18 BULAN
Aktivitas motorik
Bantulah anak belajar meloncat dengan berpegangan pada tangan anda
Ia senang menari dan bertepuk tangan mengikuti musik
Ia senang menyusun dan menumpuk, misalnya kubus kecil atau gelas plastik
Berikan 'puzzle' dengan potongan yang cukup besar. Latihlah anak untuk menyusun 'puzzle' tersebut

Komunikasi
Ia sudah mulai dapat menonton TV dan ia mendapat pelajaran berbicara dari TV
Ia dapat mengikuti instruksi sederhana, misalnya mengambilkan sesuatu atau meletakkan mainannya di suatu tempat
Selain menyebutkan nama gambar dan menceritakan suatu cerita, kadang-kadang tanyakan kepada anak mengenai apa yang dilihatnya

Kemampuan interpersonal dan sosial
Tetaplah membelai, tersenyum dan berbicara pada anak. Banyaklah bermain bersamanya. Bujuk dan berikan perhatian bila rewel
Latihlah untuk makan dengan sendok dan garpu. Biarkan ia ikut duduk di meja makan bersama keluarga
Latihlah ia untuk mengancingkan baju, memasang sepatu yang menggunakan velcro atau kancing jepret
Biarkan ia bermain dengan anak lain

Kuestioner perkembangan untuk anak berumur 19 bulan
Apakah ia mengatakan "pa-pa" bila memanggil atau melihat ayahnya, atau "ma-ma" bila memanggil atau melihat ibunya?
Dapatkah ia berdiri tanpa berpegangan selama kira-kira 15 detik?
Dapatkah ia berdiri tanpa berpegangan selama kira-kira 30 detik?
Dapatkah ia membungkuk untuk memungut mainan, kemudian berdiri kembali tanpa berpegangan atau menyentuh lantai?
Dapatkah ia menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa merengek atau menangis?
Dapatkah ia berjalan sekeliling ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
Jika ia mengambil benda kecil sebesar kacang, apakah ia menggunakan ujung ibu jari dan ujung telunjuk?
Jika anda menggelindingkan bola ke arahnya, apakah ia menggelindingkan atau melemparkan bola tersebut kembali kepada anda?
Dapatkah ia memegang cangkir atau gelas dan minum sendiri tanpa tumpah?
Jika anda sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, apakah ia mencoba meniru apa yang anda kerjakan?

Kuestioner perkembangan untuk anak berumur 22 bulan
Dapatkah ia berjalan sekeliling ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
Jika ia mengambil benda kecil sebesar kacang, apakah ia menggunakan ujung ibu jari dan ujung telunjuk?
Jika anda menggelindingkan bola ke arahnya, apakah ia menggelindingkan atau melemparkan bola tersebut kembali kepada anda?
Dapatkah ia memegang cangkir atau gelas dan minum sendiri tanpa tumpah?
Jika anda sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, apakah ia mencoba meniru apa yang anda kerjakan?
Apakah ia dapat menyusun 2 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak dihitung?
Dapatkah ia mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain "pa-pa" dan "ma-ma"?
Dapatkah ia berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? Anda mungkin melihat hal ini pada saat anak menarik mainannya
Dapatkah ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi tidak dihitung


PERKEMBANGAN 2 SAMPAI 3 TAHUN
Aktivitas motorik
Saat ini anak belajar berlari, melompat, mengatur keseimbangannya, bermain bola dan memanjat
Bantulah anak untuk menyusun benda-benda menurut ukuran, bentuk atau warna tertentu
Ia mulai belajar berhitung
Ajarlah ia bermain dengan balok-balok kayu atau puzzle
Ajarkan ia menggambar bentuk misalnya lingkaran, persegi empat atau garis
Ia mulai dapat berpakaian tanpa dibantu
Ia senang meniru memakai pakaian orang dewasa

Komunikasi
Perlihatkan buku bergambar, kemudian tanyakan pendapatnya tentang apa yang dilihatnya. Biarkan ia berfantasi dan berimajinasi dengan membuat cerita sendiri
Mintalah ia untuk menerangkan apa yang dilihat dan didengarnya waktu berada di luar rumah
Ajarkan ia mengetahui namanya, nama orang tuanya, dan kakaknya
Beritahu nama-nama pakaian waktu berpakaian

Kemampuan interpersonal dan sosial
Seringlah mengajaknya bermain, bercakap-cakap dan bersenda gurau. Jangan dimarahi, tetapi bujuklah dengan halus bila ia 'nakal'
Ajaklah ia bepergian, misalnya ke kebun binatang, taman dan tempat rekreasi

Kuestioner untuk perkembangan anak berumur 25 bulan
Jika anda sedang mengerjakan pekerjaan sehari-hari di rumah, apakah ia mencoba untuk menirunya?
Apakah ia dapat menyusun 2 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak dihitung?
Dapatkah ia mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain "pa-pa" dan "ma-ma"?
Dapatkah ia berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? Anda mungkin melihat hal ini pada saat anak menarik mainannya
Dapatkah ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi tidak dihitung
Dapatkah ia berjalan naik tangga sendiri. Jawab YA bila ia dapat naik tangga dengan posisi tegak, dengan berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK bila ia merangkak pada saat naik tangga, anda tidak memperbolehkannya naik tangga, atau ia harus berpegangan pada seseorang
Dapatkah ia menunjuk ke salah satu bagian badannya (rambut, mata, mulut) bila diminta dengan perkataan? Jawab YA bila ia menunjuk dengan benar tanpa petunjuk atau bantuan
Dapatkah ia makan dengan sendok tanpa banyak tumpah?
Dapatkah ia membantu memungut mainannya sendiri atau mengangkat piring jika diminta?
Dapatkah ia menendang bola kecil seperti bola tenis ke depan, tanpa berpegangan? Mendorong bola tidak dinilai

Perkembangan untuk anak berumur 27 bulan
Dapatkah ia mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain "pa-pa" dan "ma-ma"?
Dapatkah ia berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? Anda mungkin melihat hal ini pada saat anak menarik mainannya
Dapatkah ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi tidak dihitung
Dapatkah ia berjalan naik tangga sendiri. Jawab YA bila ia dapat naik tangga dengan posisi tegak, dengan berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK bila ia merangkak pada saat naik tangga, anda tidak memperbolehkannya naik tangga, atau ia harus berpegangan pada seseorang
Dapatkah ia menunjuk ke salah satu bagian badannya rambut, mata, mulut) bila diminta dengan perkataan? Jawab YA bila ia menunjuk dengan benar tanpa petunjuk atau bantuan
Dapatkah ia makan dengan sendok tanpa banyak tumpah?
Dapatkah ia membantu memungut mainannya sendiri atau mengangkat piring jika diminta?
Dapatkah ia menendang bola kecil seperti bola tenis ke depan, tanpa berpegangan? Mendorong bola tidak dinilai
Berikan pinsil dan kertas kepada anak. Lihat apakah ia dapat mencoret pada kertas. Jawab TIDAK bila ia membanting pinsil. Jawab YA bila ia membuat coretan di kertas
Apakah ia dapat menyusun 4 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak dihitung

Perkembangan untuk anak berumur 30 bulan
Dapatkah ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi tidak dihitung
Dapatkah ia berjalan naik tangga sendiri. Jawab YA bila ia dapat naik tangga dengan posisi tegak, dengan berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK bila ia merangkak pada saat naik tangga, anda tidak memperbolehkannya naik tangga, atau ia harus berpegangan pada seseorang
Dapatkah ia menunjuk ke salah satu bagian badannya (rambut, mata, mulut) bila diminta dengan perkataan? Jawab YA bila ia menunjuk dengan benar tanpa petunjuk atau bantuan
Dapatkah ia makan dengan sendok tanpa banyak tumpah?
Dapatkah ia membantu memungut mainannya sendiri atau mengangkat piring jika diminta?
Dapatkah ia menendang bola kecil seperti bola tenis ke depan, tanpa berpegangan? Mendorong bola tidak dinilai
Berikan pinsil dan kertas kepada anak. Lihat apakah ia dapat mencoret pada kertas. Jawab TIDAK bila ia membanting pinsil. Jawab YA bila ia membuat coretan di kertas
Apakah ia dapat menyusun 4 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak dihitung
Apakah ia dapat mengucapkan kalimat pendek terdiri dari 2 kata misalnya: "Mau minum", "Adi lapar".


PERKEMBANGAN 3 SAMPAI 4 TAHUN
Aktivitas motorik
Ia sangat menyukai memanjat, berlari, melompat-lompat dan bermain bola
Ajarkan cara mengendarai sepeda roda tiga
Ia senang menggambar. Ajarkan cara menggambar lingkaran, kotak, dan garis. Gunakan crayon untuk mengajarkan warna-warna
Ia dapat belajar alfabet dan angka. Ajarkan ia menghitung sederhana

Komunikasi
Bacakan buku cerita dan kadang-kadang tanyakan tentang alfabet
Ajarkan untuk mengetahui 'kemarin, besok, nanti, sekarang'
Jawablah pertanyaannya bila ia menanyakan tentang arti suatu kata
Ia mulai belajar hal yang berlawanan. Diskusikan mengenai istilah 'panjang-pendek, tinggi-pendek, muda-tua'

Kemampuan interpersonal dan sosial
Tetaplah bermain dan membelai anak
Ia dapat membantu tugas rumah tangga sederhana, misalnya membereskan mainan setelah selesai bermain
Ajarkan untuk melepaskan kancing baju
Ia mulai belajar makan dengan sendok dan garpu
Ia dapat mencuci tangan, kaki dan wajahnya dengan sabun
Pujilah anak bila ia menemukan suatu permainan baru, dapat bermain dengan anak lain, atau dapat membantu pekerjaan rumah tangga

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 36 bulan
dengan kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu? Berikan pinsil dan kertas kepada anak. Lihat apakah ia dapat mencoret pada kertas. Jawab TIDAK bila ia membanting pinsil. Jawab YA bila ia membuat coretan di kertas
Apakah ia dapat menyusun 4 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak dihitung
Apakah ia dapat mengucapkan kalimat pendek terdiri dari 2 kata misalnya: "Mau minum", "Adi lapar"
Apakah ia dapat menyebutkan nama dari 2 di antara 5 gambar binatang yang diperlihatkan? Suara binatang tidak dihitung
Apakah ia dapat melemparkan bola melalui kepalanya? Lemparan dari samping atau dari bawah tidak termasuk
Apakah ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan perkataan, bukan dengan ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
Letakkan sapu tangan di atas meja
Letakkan kertas ini di bawah kursi
Letakkan kertas ini di depan kamu
Letakkan kertas ini di belakang kamu
Apakah anak dapat menentukan 4 arah dengan benar?
Buat garis lurus pada kertas sepanjang 2,5 cm. Katakan:"Coba buat gambar seperti ini". Berikan 3 kali kesempatan
Letakkan selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat ke atas kertas dengan kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu?
Apakah ia dapat mengenakan sepatu sendiri? Anak tidak perlu dapat memasang tali sepatu
Apakah ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3 meter?

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 42 bulan
Apakah ia dapat melemparkan bola melalui kepalanya? Lemparan dari samping atau dari bawah tidak termasuk
Apakah ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan perkataan, bukan dengan ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
Letakkan kertas ini di bawah kursi
Letakkan kertas ini di depan kamu
Letakkan kertas ini di belakang kamu
Apakah anak dapat menentukan 4 arah dengan benar?
Buat garis lurus pada kertas sepanjang 2,5 cm. Katakan:"Coba buat gambar seperti ini". Berikan 3 kali kesempatan
Letakkan selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat ke atas kertas dengan kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu?
Apakah ia dapat mengenakan sepatu sendiri? Anak tidak perlu dapat memasang tali sepatu
Apakah ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3 meter?
Apakah ia dapat mencuci dan mengeringkan tangan sendiri setelah selesai makan?
Pertanyaan ini tidak sesuai dengan anak Indonesia. Jawab dengan YA
Apakah ia dapat berdiri pada1 kaki selama 2 detik atau lebih?. Berikan 3 kali kesempatan untuk melakukan hal ini
Letakkan selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat melewati kertas dengan kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu?

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 48 bulan
Apakah ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3 meter?
Apakah ia dapat mencuci dan mengeringkan tangan sendiri setelah selesai makan?
Anak anda mendapat bonus satu jawaban YA. Jawab pertanyaan ini dengan YA
Apakah ia dapat berdiri pada1 kaki selama 2 detik atau lebih?. Berikan 3 kali kesempatan untuk melakukan hal ini
Letakkan selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat melewati kertas dengan kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu?
Buat gambar lingkaran, lalu perintahkan: "Buatlah gambar seperti ini". Jangan katakan bahwa itu adalah gambar lingkaran. Apakah ia dapat menggambar lingkaran?
Apakah ia dapat menyusun 8 kubus kecil, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut?
Pada saat bermain petak umpet, atau permainan lain apakah ia menunggu gilirannya dan mengikuti aturan permainan dengan benar?
Dapatkah ia mengenakan celana panjang, baju dan kaus kaki tanpa dibantu? (Tidak termasuk memasang kancing, tali pinggang)
Dapatkah ia menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu?


PERKEMBANGAN 4 SAMPAI 5 TAHUN
Komunikasi
Anak anda mulai dapat membaca beberapa kata
Anak anda dapat belajar untuk menghitung dan mengenali angka
Bimbinglah anak anda untuk mengenali buku lebih jauh
Anda dapat mulai mengajari anak untuk bernyanyi
Ingatan anak anda akan mulai berkembang dengan bantuan dari permainan-permainan
Ajar anak anda tentang perbedaan musim-musim dengan mengajak bermain diluar

Kemampuan interpersonal dan sosial
Teruslah untuk sering memeluk, bercanda, bermain, tersenyum dan berbicara pada anak anda
Berikan kenyamanan padanya apabila dia tampak gusar
Anak anda mulai ingin bermain dengan anak lain
Tolong anak anda untuk menjadi lebih mandiri
Ajar anak anda untuk berbagi mainan, makanan dan barang-barangkesukaannya dengan teman main dan anggota keluarga lainnya

Kuesioner perkembangan
Pertanyaan berikut dirancang untuk anak umur tertentu
Cobalah menjawab pertanyaan tersebut
Bila semua pertanyaan dijawab dengan 'Ya', perkembangan anak anda nomal
Tanyakan pada dokter anda bila 3 atau lebih jawaban pertanyan berikut adalah 'tidak'

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 54 bulan
Apakah ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3 meter?
Apakah ia dapat mencuci dan mengeringkan tangan sendiri setelah selesai makan?
Anak anda mendapat bonus satu jawaban YA. Jawab pertanyaan ini dengan YA
Apakah ia dapat berdiri pada1 kaki selama 2 detik atau lebih?. Berikan 3 kali kesempatan untuk melakukan hal ini
Letakkan selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat melewati kertas dengan kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari terlebih dahulu?
Buat gambar lingkaran, lalu perintahkan: "Buatlah gambar seperti ini". Jangan katakan bahwa itu adalah gambar lingkaran. Apakah ia dapat menggambar lingkaran?
Apakah ia dapat menyusun 8 kubus kecil, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut?
Pada saat bermain petak umpet, atau permainan lain apakah ia menunggu gilirannya dan mengikuti aturan permainan dengan benar?
Dapatkah ia mengenakan celana panjang, baju dan kaus kaki tanpa dibantu? (Tidak termasuk memasang kancing, tali pinggang).
Dapatkah ia menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu?

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 60 bulan
Apakah ia dapat menyusun 8 kubus kecil, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut?
Pada saat bermain petak umpet, atau permainan lain apakah ia menunggu gilirannya dan mengikuti aturan permainan dengan benar?
Dapatkah ia mengenakan celana panjang, baju dan kaus kaki tanpa dibantu? (Tidak termasuk memasang kancing, tali pinggang)
Dapatkah ia menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu?
Tuliskan jawaban anak terhadap pertanyaan berikut ini. Jangan berikan bantuan untuk menjawab, kecuali mengulangi pertanyaan
Apa yang kamu kerjakan kalau lapar?".................
Apa yang kamu kerjakan kalau mengantuk?"........
Apakah ia menjawab dengan kata-kata, bukan dengan mimik wajah?
Jawaban bisa bermacam-macam tergantung kebiasaan anak
Apakah ia dapat mengancingkan kancing bajunya atau kancing baju boneka?
Apakah ia dapat berdiri pada satu kaki tanpa berpegangan selama lebih dari 6 detik?
Perlihatkan 2 gambar garis yang tidak sama panjang. Tanyakan: "Tunjukkan garis yang lebih panjang". Tutup gambar tersebut, buka kembali dan tanyakan kembali. Apakah ia dapat menunjukkan garis yang lebih panjang sebanyak 3 kali tanpa membuat kesalahan?
Perlihatkan gambar 2 garis yang bersilang tegak lurus. Jangan sebutkan nama gambar tersebut. Katakan saja:"Coba buat gambar seperti ini".
Berikan 3 kali kesempatan untuk menggambarnya. Apakah ia dapat meniru gambar tersebut?
Apakah ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan perkataan, bukan dengan ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
Letakkan sapu tangan di atas meja
Letakkan kertas ini di bawah kursi
Letakkan kertas ini di depan kamu
Letakkan kertas ini di belakang kamu
Apakah anak dapat menentukan 4 arah dengan benar

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 66 bulan
Tuliskan jawaban anak terhadap pertanyaan berikut ini. Jangan berikan bantuan untuk menjawab, kecuali mengulangi pertanyaan
Apa yang kamu kerjakan kalau lapar?...................
Apa yang kamu kerjakan kalau mengantuk?..........
Apakah ia menjawab dengan kata-kata, bukan dengan mimik wajah? Jawaban bisa bermacam-macam tergantung kebiasaan anak
Apakah ia dapat mengancingkan kancing bajunya atau kancing baju boneka?
Apakah ia dapat berdiri pada satu kaki tanpa berpegangan selama lebih dari 6 detik?
Perlihatkan 2 gambar garis yang tidak sama panjang. Tanyakan: "Tunjukkan garis yang lebih panjang". Tutup gambar tersebut, buka kembali dan tanyakan kembali. Apakah ia dapat menunjukkan garis yang lebih panjang sebanyak 3 kali tanpa membuat kesalahan? Perlihatkan gambar 2 garis yang bersilang tegak lurus. Jangan sebutkan nama gambar tersebut. Katakan saja:"Coba buat gambar seperti ini". Berikan 3 kali kesempatan untuk menggambarnya. Apakah ia dapat meniru gambar tersebut?
Apakah ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan perkataan, bukan dengan ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
Letakkan sapu tangan di atas meja
Letakkan kertas ini di bawah kursi
Letakkan kertas ini di depan kamu
Letakkan kertas ini di belakang kamu
Apakah anak dapat menentukan 4 arah dengan benar?
Apakah ia dapat ditinggalkan bersama orang lain tanpa menangis dan menjerit-jerit?
Apakah ia mengetahui warna biru, merah, kuning dan hijau
Apakah ia dapat meloncat pada satu kaki sebanyak 2 kali atau lebih?
Apakah ia dapat berpakaian lengkap tanpa bantuan?


PERKEMBANGAN 5 SAMPAI 6 TAHUN
Ingatlah, bahwa setiap anak tumbuh dengan tempo yang berbeda. Biarkan anak anda yang menentukan sendiri.

Aktivitas Motorik
Pada umur ini, anak anda sudah siap untuk mengendarai sepeda atau bermain sepatu roda. Carilah sepeda dan sepatu roda yang didesain khusus untuk anak kecil. Jangan lupa untuk membeli helm, pelindung lutut dan lengan untuk keamanan anak anda
Anak anda dapat mulai membantu anda membuat kue yang tidak terlalu sulit, seperti membentuk kue dari adonan. Dia juga bisa diajak untuk membersihkan sisa-sisa pekerjaan
Bimbing anak anda untuk mengenali nama hari, minggu dan bulan. Bantu mereka untuk belajar menandai ulang tahun dan hari libur di kalender
Anda juga dapat mengajari anak anda untuk tentang waktu
Tunjukkan cara menggunakan penggarisan untuk mengukur benda-benda

Komunikasi
Seringkan untuk membacakan cerita untuk anak anda dan membahasnya
Anak anda sudah dapat membaca tanda-tanda sederhana seperti tanda STOP pada jalan

Kemampuan Interpersonal dan sosial
Teruslah untuk sering memeluk, bercanda, bermain, tersenyum dan berbicara pada anak anda. Berikan kenyamanan padanya apabila dia tampak gusar
Puji anak anda apabila dia melakukan sesuatu yang positif
Anak anda sudah harus diajarkan untuk mengikuti aturan keluarga
Ajari anak anda untuk bermain dengan benar. Terangkan bahwa dia tidak akan selalu menang dalam permainan


PERKEMBANGAN 6 SAMPAI 8 TAHUN
Ingatlah, bahwa setiap anak tumbuh dengan tempo yang berbeda. Biarkan anak anda yang menentukan sendiri

Aktivitas Motorik
Anak anda mulai tampak aktif bergerak
Keseimbangan anak anda terus meningkat
Permainan kejar-mengejar mulai digemari anak anda
Anak anda sudah dapat menggunakan palu dan membangun rumah-rumahan sederhana
Waktu bermain digunakan untuk bermain diluar, menggambar dan kerajinan tangan
Anak anda mulai menikmati untuk membuat permainan baru atau membuat peraturan baru untuk sebuah permainan

Komunikasi
Anak anda sudah dapat menggunakan bahasa secara benar dan dapat mengerti struktur bahasa yang baik
Terus dorong anak anda untuk membaca buku dan membuat cerita
Membaca, menulis serta berhitung harus masuk dalam pelajaran sekolah.
Anak anda sudah dapat mendefinisikan sebuah kata dan sudah dapat membayangkan konsep dari kata yang abstrak
Anak anda mulai belajar untuk menyebutkan waktu
Ajari anak anda untuk mengenali alamat rumah anda

Kemampuan Interpersonal dan sosial
Pada umur ini anak anda mulai suka untuk bertindak yang aneh-aneh dan mengganggu yang lain
Anak anda mulai menyukai lelucon dan teka-teki
Perhatian anak anda akan menjadi lebih luas


PERKEMBANGAN 10 SAMPAI 12 TAHUN
Aktivitas Motorik
Anak anda akan mulai menunjukkan rasa tertarik pada kemampuan akan olah-raga tertentu
Anak anda mulai menyukai berinteraksi dengan teman-teman laki dan wanita
Pakaian dan penampilan mulai menjadi suatu hal yang penting
Anak anda mulai menyukai bermalam di rumah teman
Anak anda mulai menyenangi mengerjakan berbagai hal sendirian
Anak anda mulai menulis dairy
Mendengarkan radio dan bermain music mulai disenangi
Anak anda mulai mencari cara-cara yang lebih kreatif dalam menghabiskan waktu senggangnya

Komunikasi
Terus mendorong anak anak untuk membaca buku. Kemampuannya membaca akan terus meningkat secara gradual
Anak anda mulai mengerti humor
Anak anda akan mulai membicarakan perasaannya, tapi mungkin agak tertutup

Kemampuan Interpersonal dan sosial
Penampilan menjadi semakin penting. Anak anda akan berpakaian seperti idola remajanya. Pengaruh dari teman-teman sebaya juga akan mempengaruhi penampilannya
Anak anda akan mulai mencari privasi dan kesadaran akan dirinya makin tinggi
Anak anda akan mempunyai idola yang lebih realistik
Perasaan khawatir dan grogi merupakan hal yang biasa pada anak seumur ini
Anak anda mulai mengambil bagian dalam diskusi keluarga
Anak anda akan mudah terpengaruh dengan teman sebayany

Penjelesan diatas diambil dari sumber : www.kaskus.co.id. Yang ditujukan untuk sebatas informasi yang berguna untuk saya sendiri dan juga pembaca.